Selamat datang di blog sederhana saya ini, dan saya mengucapkan Terima kasih.

Rabu, 28 Januari 2009

ANGGREK MENTANGAI DAN Sedikit Anggrekku yang Imut-imut
























"ANGGREK MENTANGAI"(yang bercorak dominan keputihan) ini sebutan yang kami berikan buat tanaman kami ini. Mentangai adalah nama Kota di Kalimantan Tengah, karena menurut informasi anggrek yang satu ini merupakan asli Kalimantan Tengah. Bunga anggrek ini mampu bertahan sampai tiga bulan, dan kalau sudah subur dalam satu batang dapat berbunga lebih dari tiga tangkai bunga, seperti yang ada di salah satu foto ini. Semua koleksi pribadi, anggrek ini menyukai sinar matahari pagi dan menyukai keteduhan pada siang dan sore hari. Kami memperlakukan tanaman kami sangat hati-hati, walaupun menurut saya ini merupakan tanaman yang bandel tahan serangan jika dibanding anggrek bulan. Selain mentangai kami juga mengoleksi anggrek jenis dendrobium, anggrek macan (tebu), anggrek bulan. Tapi..., semua ini masih taraf belajar sehingga masih perlu sentuhan tangan-tangan serta sentuhan pengetahuan yang lebih profesional.

31 komentar:

  1. Pak anggreknya cantik sekali. Saya tawar 1 juta boleh enggak. Segera infonya. Trims.

    BalasHapus
  2. Sementara belum kami jual, kami masih sekadar hobi, tapi kalau bapak berkenan mampir ke rumah saja. ini no hp saya 08125198926.

    BalasHapus
  3. Saya sangat terkesan dengan anggreknya dan hobi bpk yg luarbiasa. Kalo ada waktu bpk main ke tempat kami di Belakang Hotel Barito tempat padepokan Bonsai sekaligus basecampnya PPBI (Persatuan Pencinta Bonsai Indonesia) Wilayah Kalsel. Kita bisa lebih banyak utk Sharing2. Kabarnya saya tunggu.
    Deden Hidayatullah (Pengurus PPBI Kalsel, HP 081513831500)

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak Deden Hidayatullah sebagai pengurus PPBI Kalsel, atas apresiasinya dengan sedikit yang saya miliki. Saya akan usahakan untuk memenuhi undangan Bapak. Salam!

    BalasHapus
  5. Nampaknya bapak sangat respek sekali terhadap bunga anggrek. Ini dapat dilihat dari fostur tanaman anggrek-anggrek bapak yang kelihatan amat terawat, bukti dari perhatian yang plus. Kuntribusi bapak sangat kami butuhkan untuk berbagi informasi mengenai anggrek species di Kalimantan Tengah. Kunjungi blog kita "anggrek kalteng" di http://subhan98.wordpress.com
    Mari kita gali potensi anggrek species kalimantan tengah

    BalasHapus
  6. Halo subhan98, makasih sudah mampir di blog sya, saya memang suka anggrek, tapi hanya sebatas hobi, karena dana khusus untuk pengembangannnya belum ada Pak....

    BalasHapus
  7. Saya jga hobby koleksi anggrek terutama anggrek-anggrek species & langka....Kebetulan saya blum punya anggrek MENTANGAI.
    Di rumah saya mungkin ada sekitar 20-30 jenis anggrek koleksi saya tp sebagian saya blum tau nama'y.
    Anggrek-anggrek tsbut saya dapat dari hutan kalteng & sebagian beli ato sharing ama tmn-tmn.
    Kalo boleh tau ada brpa macam anggrek mentangai itu pak....

    BalasHapus
  8. Pak Rahmady Van Deva, anggrek saya masih sangat terbatas...saya terus terang juga belum tau persis tentang anggrek Mentangai, kalau punya Bapak sdh 20-30 spesies berarti sudah jauh lebi banyak dari punya saya...., maaf Pak Rahmady di mana alamatnya ya....?

    BalasHapus
  9. bagus bagus sekali anggreknya pak. Saya tertarik juga dengan anggrek capung ungunya pak? karena saya tahunya anggrek capung putih saja. Apakah wangi juga pak seperti yang putih? Apakah dijual anggrek mentangai dan capung ungunya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf yang anggrek capung ungu itu seperti bantimurung, tidak harum berbeda dengan capung putih. sementara belum saya jual anggreknya. Terima kasih ibu Kusdania Naibaho. Jika berkenan silakan share di 085251006226/WA atau 595E0171 BB.
      Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.

      Hapus
  10. Cantik 2 ,anggrek negeri ku

    BalasHapus
  11. salam kenal, pak guru....waaaoooo bunga2nya semuanya menakjupkan..amazing..terutama anggreknya luar biasa bagaimana perawatannya bisa seperti itu? dikasihpupuk apa?kenapa anggrek2 saya seolah enggan berbunga? sharing, dong!

    BalasHapus
  12. subhanallah cantik2 dan rimbun pak, apa rahasianya kl boleh tahu? terima kasih

    BalasHapus
  13. Anggreknya cantik-cantik sekali Pak. Saya suka liatnya. Saya sudah lama merawat anggrek tapi karna belum paham merawatnya dan tidak rutin memupuk dab kasih vitamin akhirnya seringkali anggrek-anggrek saya mati. Beberapa bulan ini saya baru rutin merawat anggrek-anggrek saya, dan sekarang mereka sudah mulai mau berbunga. Ternyata memelihara sesuatu itu memang mebutuhkan perhatian dan ketelatenan kalau mau bagus ya Pak ��.

    BalasHapus
  14. Luar biasa cantik pak anggreknyaa...

    BalasHapus
  15. Apakah sekarang anggreknya dijual pak....

    BalasHapus
  16. Cantik sekali anggrek nya pak. Luar biasa....

    BalasHapus
  17. Kalo boleh tau cara perawatannya bagaimana pa. Jadi sampai rimbun begitu bunganya

    BalasHapus
  18. Bagus sekali, tak rugi saya di Kab Temanggung Jawa Tengsh ikut hunting jenis anggrek Kalteng ini. Alhamdulillah spike 3 semoga lebaran nanti bermekaran.

    BalasHapus
  19. Bpk jupriyanto yg ganteng tolong kasi tahu di mn beli dendro mantangai yg jujur krn sy sdh bbrp kali ketipu yg dikirim angrek mantangai yg sdh busuk batang tdk sesuai dg foto, maklum resiko beli online

    BalasHapus
  20. Bpk jupriyanto yg ganteng tolong kasi tahu di mn beli dendro mantangai yg jujur krn sy sdh bbrp kali ketipu yg dikirim angrek mantangai yg sdh busuk batang tdk sesuai dg foto, maklum resiko beli online

    BalasHapus
  21. Cantik sekali bunga y pak, salam kenal dari saya pencinta anggrek dari pangkalan bun

    BalasHapus